Minggu, 04 Januari 2015

PEMBELAJARAN IPS

Pengertian IPS Trianto(2010:171) mengemukakanbahwa IPS merupakanintegrasiberbagacabang-cabangilmusosialsepertisosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukumdanbudaya.IPS dirumuskanatasdasarrealitasdanfenomenasosial yang mewujudkansatupendekataninterdisiplinerdariaspekdancabang-cabangilmusosial. FakihSamlawi&BunyaminMaftuh (1999: 1) menyatakanbahwa IPS merupakanmatapelajaran yang memadukankonsep-konsepdasardariberbagaiilmusosialdisusunmelaluipendidikandanpsikologissertakelayakandankebermaknaannyabagisiswadankehidupannya. Depdiknas (Tasrif, 2008: 2) jugamemberikandefinisi IPS sebagaimatapelajaran yang mempelajarikehidupansosial yang didasarkanpadabahankajiangeografi, ekonomi, sejarah, antropologi, sosiologidantatanegaradenganmenampilkanpermasalahansehari-hari. TujuanPendidikan IPS Tujuanpendidikan IPS adalahmendidikdanmemberibekalkemampuandasarkepadasiswauntukmengembangkandirisesuaidenganbakat, minatkemampuandanlingkungannyasertaberbagaibekalsiswauntukmelanjutkanpendidikankejenjang yang lebihtinggi (Trianto, 2010: 174). IPS di tingkatSekolahDasarpadadasarnyabertujuanuntukmempersiapkanpesertadidiksebagaiwarga Negara yang menguasaipengetahuan (knowledges), ketrampilan (skills), sikapdannilai (attitudes and values) yang dapatdigunakansebagaikemampuanuntukmemecahkanmasalahpribadi/ masalahsosialsertakemampuanmengambilkeputusandanberpartisipasidalamberbagaikegiatankemasyarakatan agar menjadiwarganegara yang baik. Berdasarkan UU SisdiknasPasal 37 disebutkanbahwabahankajianilmupengetahuansosialantaralain, ilmubumi, sejarah, ekonomi, kesehatandansebagainyadimaksudkanuntukmengembangkanpengetahuan, pemahaman, dankemampuananalisispesertadidikterhadapkondisisosialmasyarakat (Sapriya, 2009 :45) Fungsi IPS SD Fungsiilmupengetahuansosialdiberikan di sekolahdasarsepertiyang dikemukakanolehHidayati (2002: 16) adalah agar anak-anakmemilikihal-halsebagaiberikut: 1) agar siswadapatmensistematisasikanbahan, informasidanataukemampuan yang telahdimilikitentangmanusiadanlingkungannyamenjadilebihbermakna, 2) agar siswadapatlebihpekadantanggapterhadapberbagaimasalahsosialsecararasionaldanbertanggungjawab, 3) agarsiswadapatmempertinggi rasa toleransidanpersaudaraan di lingkungansendiridanantarmanusia. Fungsi IPS SD yang akanditekankandalampenelitianiniadalahpoinketigayaitu agar siswadapatmempertinggi rasa toleransidanpersaudaraan di lingkungansendiridanantarmanusiayaitudapatditerapkanketikaanakmelakukankegiatankerjakelompokataudiskusisesamaanggotakelompok. 4) mengajarkankonsep-konsepdasarsosiologi, geografi, ekonomi, sejarah, dankewarganegaraan, pedagogis, danpsikologis. 5) mengembangkankemampuanberpikirkritisdankreatif, inkuiri, memecahkanmasalah, danketerampilansosial 6) membangunkomitmendankesadaranterhadapnilai-nilaisosialdankemanusiaan 7) meningkatkankemampuanbekerjasamadanberkompetisidalammasyarakat yang majemuk, baiksecaranasionalmaupun global. Karateristik IPS Sebagaibahanpengembanganpembelajaran Sebagai program pendidikandaritingkat SD sampaitingkatlanjutan Konsepdasar IPS di kembangkanmelaui social, Politik, Hukum, Ekonomi, Sejarah, Geografi, Sosiologi, Antropologi.

MENGIDENTIFIKASI PENDEKATAN IPS SD PENDEKATAN PEMBELAJARAN IPS SD Pendekatan multi disiplinyaitu: pendekatan yang bersifat integrative (terpadu) merupakanpendekatansuatukonsepdarisuatucabangilmuatautema yang bahannya di organisasidariberbagaicabangilmusosialsecaraterpadu. Contohnya: Transmigrasisebagaikonsepgeografi, materinyadiisiolehmaterigeografisebagaimaterikunci, ekonomi, sejarah, dansosiologi. Pendekatan Inter disiplinyaitu: suatukonsepdariilmusosialatausuatu topic disorotiolehbeberapailmusosialatauilmulainnya. Contohnya: Ipa, Agama, PKN, dansebagainya, dansebagainyasehinggasiswadansiswimelihatmasalahitulengkapdariberbagaisudut. Misalnyakonsepatau topic bunga modal sebagaikonsepdaribidangekonomi. PendekatanlingkunganMeluasyaitu: Strategipenyampaianpembelajaran IPS sebagaianbesardidasarkankepadasuatutradisi yang materinyadisusundalamurutananakataudirisendiri, keluarga, masyarakat, tenaga, kota, wilayah, Negara dandunia. Contohnya: ekonomi, geografi, disitusiswadiajarkantentangilmu yang berhubungandengansistematisbergerakdalamlingkungankonsentriskeluardarilingkungantersebut, kemudianmengembangkannyauntukmenghadapiunsur-unsurdunia yang lebihluas. Pendekatansituasikehidupanyaitupendekatan yang berorientasikemasyarakatan (community field base approach).Lebihmelibatkanmasyarakatdaripadabukuteksataudisiplinilmu.Contohnya: Sosiologimencakupaspekkemanusiaandalamlingkunganmasyarakat (kepribadiantingkahlaku), Ekonomimencakupusaha-usahamasyarakatdalammencukupikebutuhan, yang meliputi :sandang, pangan, papan, kesehatan, rekreasi, pendidikan, keseniandankeagamaan.

1 komentar: